Percintaan Berpotensi Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun

- 20 Februari 2013 14:59 wib

Metrotvnews.com: Sebuah studi yang dilakukan di Amerika, menyebutkan bahwa gelisah dan stres memikirkan masalah dalam hubungan percintaan, bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

Para peneliti dari Ohio State University's Institute for Behavioural Medicine Research (IBMR), menguji air liur pasangan suami istri untuk menguji tingkat stres mereka dan tingkat kekebalan tubuhnya.

Dalam studinya, diketahui bahwa tingkat kecemasan dan stres pasangan suami istri menghasilkan lebih tinggi jumlah kortisol dan memiliki lebih sedikit sel T, sebuah penjaga sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Dibanding pasangan yang hidup tanpa rasa cemas berlebihan dalam pernikahannya.

"Setiap orang memiliki masalah dalam hubungan mereka, tetapi tingkat kecemasan yang lebih tinggi mengacu pada orang yang memiliki kekhawatiran berlebihan pada hubungan mereka," kata Lisa Jaremka, yang memimpin penelitian.
 
Jaremka dan koleganya menguji efek dari kecemasan pada 85 pasangan yang telah menikah selama rata-rata lebih dari 12 tahun. Rata-rata usia mereka adalah 39 tahun.
 
Mereka dengan kecemasan yang tinggi, rata-rata, terbukti memiliki jumlah kortisol 11 persen lebih tinggi daripada orang-orang dengan kecemasan yang lebih rendah. Kortisol diketahui sebagai hormon stres utama dalam tubuh dan terkait dengan sejumlah masalah kesehatan termasuk obesitas. Hormon kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenal. Hormon ini terlibat dalam respon stres dan meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah. (Healthmeup/Nana Febrina/Eno)


()

FASHION
MORE
TREND
MORE

Pengalaman Bupati Solok Dimintai Uang di Pilkada DPRD

18 September 2014 00:35 wib

Mata Najwa, Rabu (17/9/2014): Bupati Solok, Sumatera Barat, Syamsu Rahim menceritakan pengalamannya mengikuti Pemilukada melalui Anggota DPRD. Ia mengaku dimintai uang dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan dukungan.