Lima Langkah Meditasi Bagi Pemula

- 26 Februari 2013 09:52 wib
<p>bo/magforwomen.com</p>

bo/magforwomen.com


Metrotvnews.com: Meditasi merupakan salah satu cara untuk membuat pikiran tetap fokus dan tenang. Meski demikian, tidak sedikit orang yang justru enggan karena dianggap sulit jika harus berlama-lama duduk diam.

Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa memudahkan meditasi bagi pemula. Berikut lima di antaranya:

1. Mulailah dengan latihan pernapasan
Pertama, Anda harus duduk dalam posisi tegak. Pastikan punggung tidak membungkuk atau menyender. Pejamkan mata Anda, kemudian kosongkan pikiran secara perlahan. Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan untuk mengalihkan pikiran dari gangguan lainnya. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secaraperlahan.

2. Relaksasi otot dan latihan peregangan
Salah satu cara untuk memulai meditasi adalah dengan sedikit melakukan latihan peregangan. Langkah ini dilakukan untuk melemaskan otot-otot sehingga meditasi akan berjalan secara maksimal. Meditasi bisa dilakukan dengan duduk diam, oleh karenanya peregangan sangat penting dilakukan. Anda bisa meregangkan tangan, kemudian rotasikan secara perlahan. Jangan lupa untuk meregangkan kaki, kepala dan juga bahu.

3. Meditasi dengan musik lembut
Musik dengan irama yang lembut merupakan salah satu yang bisa digunakan untuk media pelengkap meditasi. Musik lembut akan membuat pikiran lebih fokus.

4. Jalan santai
Bagi pemula, meditasi dengan berdiam diri dalam beberapa waktu yang lama mungkin masih terbilang sulit. Untuk itu, sebenarnya Anda bisa bermeditasi dengan cara lain. Lakukanlah jalan santai di tempat yang sejuk dan tenang. Pasang musik yang menenangkan sambil berjalan menikmati udara segar.

5. Lampu meditasi
Lampu meditasi adalah jenis yang unik dari teknik meditasi pemula. Anda bisa menyalakan lilin dan fokus pada nyala api. Ini bukan latihan untuk tidak berkedip, tetapi mampu melihat dalam satu arah terus-menerus untuk mempertajam kemampuan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi. (Magforwomen/Nana Febrina/Bas)


()

Mata Najwa: Menuju Ke-7 (7)

30 Juli 2014 21:54 wib

Mata Najwa, Rabu (30/07/2014), di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Menuju Ke-7', yang menayangkan kembali sejumlah episode di Mata Najwa tentang warna warni jalannya demokrasi saat pemilihan presiden dan juga perjalanan politik Joko Widodo sejak saat ia masih menjabat sebagai walikota Solo hingga kemudian hasil hitung cepat menunjukkan Jokowi sebagai presiden terpilih.