KUA Bantul akan Gelar 'Nikah Bareng Membumi' 22 April

- 06 April 2013 13:56 wib

Metrotvnews.com, Bantul: Kantor Urusan Agama Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Isimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) akan menggelar kegiatan "Nikah Bareng Membumi" pada 22 April 2013.

"Acara ini gratis dan terbuka untuk umum dalam rangka peringatan Hari Bumi dan Kartini sebagai wujud kepedulian dalam peningkatan kesejahteraan keluarga yang peduli bumi," kata Ketua panitia dari Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) Bantul Ryan Budi Nuryanto, Sabtu (6/4).

Menurut Ryan, sebelum digelar nikah bareng akan diadakan terlebih dahulu cari jodoh abadi pada Ahad (14/4) di Gedung Balai Desa Pendowoharjo, Bantul untuk mencari peserta yang berasal warga DIY dan sekitarnya.

"Warga yang berminat dapat mendaftar ke KUA Sewon. Kami target dapat diikuti sebanyak 1.000 peserta untuk 'Cari Jodo Abadi' dan tujuh pasang peserta Nikah Bareng Membumi dengan usia minimal 20 tahun," katanya.

Ia mengatakan, direncanakan ijab qobul nikah bareng membumi dilaksanakan di atas kereta kuda dengan mahar seperangkat alat salat, termasuk baju manten dengan riasan muslim modern, dan bulan madu di hotel berbintang disediakan gratis.

Menurut dia, hari Bumi yang jatuh pada 22 April, merupakan hari di mana segenap umat di dunia memperingatinya sebagai bagian dari refleksi manusia atas apa yang selama ini telah diperbuat manusia kepada lingkungannya.

"Refleksi hari Bumi berarti memikirkan kelangsungan hidup bumi, dan memikirkan bagaimana sumber dayanya yang terbatas bisa menjamin kehidupan seluruh umat manusia saat ini serta kehidupan generasi mendatang," katanya.

Ia mengatakan, acara dengan mengusung konsep 'A Thousand Weddings to Green bertema Menanam Benih Abadi' diharapkan dapat menanamkan paradigma kepada keluarga agar memahami tentang pentingnya kelestarian alam dan kewajiban mereka untuk menjaganya.

"Paradigma tersebut  akan dapat diwariskan juga ke anak-cucu sehingga generasi penerusnya juga memiliki kesadaran dan bisa menciptakan generasi penerus yang peduli akan kelestarian alam," katanya.

Ia juga mengatakan, setelah pasangan diijabkan, mereka akan mengucapkan ikrar agen keluarga bumi dimana mereka akan berjanji sehidup semati untuk menjaga bumi dan selalu mengajarkan kecintaan alam ini kepada anak anak cucunya.

"Kegiatan ini akan dikemas sehijau mungkin dan akan ditampilkan sebuah pagelaran atau pertunjukan yang mengambarkan bumi dan manusia," katanya. (ANT)


()

CELEBRITAS
MORE
FASHION
MORE
LIFE
MORE
TREND
MORE

Dibalik Pilar Konstitusi (7)

28 Agustus 2014 21:59 wib

Mata Najwa, Kamis (28/08/2014): Mata Najwa episode kali ini membahas tema 'Dibalik Pilar Konstitusi'. Hadir di Mata Najwa kali ini Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva.