Kompleks Pemujaan Hindu Kuno Ditemukan di Magelang

- 11 April 2013 10:11 wib

SEBUAH kompleks pemujaan Hindu abad 8 masehi ditemukan warga di lereng Gunung Merbabu, Desa Tampir Wetan, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (10/4).

Benda pertama yang ditemukan warga adalah batu lingga lima hari lalu dan sudah berhasil dievakuasi siang kemarin. Di tempat terpisah, kemarin, warga setempat juga menemukan benda cagar budaya berupa batu yoni yang merupakan pasangan lingga di sebuah mata air.

Usai proses evakuasi, lingga dan yoni ini kemudian menjadi tontonan warga. Staf ahli Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bidang Kepurbakalaan Jawa Tengah, Lilik Eko mengatakan bahwa dengan temuan dugaan sementara lereng Gunung Merbabu merupakan kompleks pemujaan Hindu kuno. Pihaknya juga belum bisa memastikan seberapa luas kompleks pemujaan Hindu tersebut dan masih menunggu temuan berikutnya.


()

FILM
MORE
FASHION
MORE

Mata Najwa: Babak Baru Indonesia (6)

23 Juli 2014 23:23 wib

Mata Najwa, Rabu (23/07/2014): di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Babak Baru Indonesia', hadir di Mata Najwa yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pakar hukum tata negara, Zaenal Arifin Mochtar. Direktur eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla