Manfaat Tersembunyi Teh Bunga Sepatu

- 12 April 2013 10:41 wib
clipdealer.com--rj
clipdealer.com--rj

Metrotvnews.com: Bukan hanya cantik sebagai tanaman hias, bunga sepatu juga dikatakan bermanfaat bagi kesehatan jika diolah menjadi teh.

Tanaman yang dikenal dengan nama latin Hibiscus Rosa-sinensis itu mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretit dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik atau obat kuat.

Disebutkan dalam situs Care2.com, kelopak bunga sepatu mengandung vitamin A, C, protein, kalsium, dan asam amino.

Diketahui, asam amino pada tumbuhan ini berjumlah sekitar 18, seperti, arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Bunga sepatu juga kaya antioksidan.

Selain itu, dalam penelitian disebutkan juga bunga sepatu memiliki sifat diuretik yang mampu membantu tubuh menghilangkan kelebihan air sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung atau mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Daun dan bunga dari tanaman ini banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Bunga sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh. Adapula yang mengolahnya untuk dijadikan sirup, selai, juga minuman lainnya.


()

LIFE
MORE
TREND
MORE

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …