Bulan Kelahiran Tentukan Perkembangan Sistem Imunitas

- 18 April 2013 18:26 wib
ANTARA/Septianda Perdana
ANTARA/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, London: Bulan kelahiran seseorang ternyata berpengaruh pada perkembangan sistem kekebalan tubuhnya. Hal itu terungkap dalam penelitian Queen Mary, University of London dan the University of Oxford, baru-baru ini.

Penelitian itu dilakukan terhadap 50 bayi yang baru lahir pada November dan 50 bayi yang lahir pada Mei di London. Peneliti mengambil sampel darah mereka dan mengukur kadar Sel T dan kadar vitamin D dalam darah.

Sel T adalah sel darah putih yang bereaksi otomatis terhadap infeksi. Sel T kadang bereaksi menyerang sel tubuh, oleh karena itu harus dieliminasi dengan imun. Hal itulah yang membuat siatem imun dipancing untuk berkembang. Pembentukan Sel T dipengaruhi oleh gen dan lingkungan.

Hasil penelitian menunjukan, bayi yang lahir pada Mei memiliki kadar vitamin D lebih rendah dan Sel T yang dua kali lebih banyak dari pada bayi yang lahir pada November.

Bayi yang lahir pada Mei memang sistem imunnya lebih berkembang pesat, namun berisiko menderita multiple sclerosis (MS) yaitu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh overreaktif hingga merusak syaraf. (science daily/Maggie Nuansa Mahardika)


()

LIFE
MORE
TREND
MORE

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …