Ketahui Pentingnya Vaksinasi Tambahan pada Anak

- 23 April 2013 16:12 wib
ANTARA/Hadiyanto/rj
ANTARA/Hadiyanto/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang baru saja memiliki bayi, pasti sudah diberikan anjuran pemberian vaksinasi.

Selain vaksinasi dasar, orang tua juga diberikan pilihan vaksinasi tambahan. Namun, masih banyak yang bingung dan tidak paham apa pentingya vaksinasi tambahan.

"Vaksinasi sendiri merupakan upaya pencegahan yang paling cost effective, tidak ada tandingannya kecuali pengadaan air bersih," kata Prof Dr dr Sri Rezeki S Hadinegoro di kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia di Matraman, Jakarta, Selasa (23/4).

Ia menjelaskan selain imunisasi dasar yang diberikan sebelum umur 1 tahun seperti hepatitis B, polio, BCG, DTP, dan campak, ada pula imunisasi tambahan yang dilakukan melalui pekan imunisasi nasional dan kampanye untuk mengatasi wabah tertentu.

"Imunisasi tambahan biasanya dilakukan bila ada program. Biasanya bila ada wabah campak, pemerintah pun mengadakan program kampanye campak," katanya.

Namun, masih banyak orang tua yang tidak menyadaru hal itu dan tidak mengikutsertakan anaknya dalam imunisasi tersebut. Lalu apakah risikonya?

"Bila tidak ikut, anak akan mudah ketularan dan bila semakin banyak yang tertular, tentu wabahnya tidak akan selesai. Untuk itu, tambahan diperlukan di mana ada keperluan misalnya kemarin ada PIN polio sebagai imunisasi tambahan," jelas Prof Sri.

"Itu tambahan jadi sifatnya kondisional. Sehingga kalau tidak perlu, ya tidak ada vaksinasi tambahan," ujarnya. Namun, kalau imunisasi ulangan tentu harus dilakukan sebagai penguat atau booster.


()

MUSIK
MORE
CELEBRITAS
MORE
LIFE
MORE
TREND
MORE

Presiden Pilihan Kita Bersama Najwa Shihab (15)

10 Juli 2014 01:08 wib

Presiden Pilihan Kita, Rabu (09/07/2014): Hadir bersama Najwa Shihab yaitu ketua umum PKPI, Sutiyoso. Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. dan Ketua DPP PKB, Marwan Jafar.