BPOM Umumkan 17 Kosmetik Berbahaya

- 13 Mei 2013 12:27 wib
ANTARA/Fahrul Jayadiputra/ip
ANTARA/Fahrul Jayadiputra/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan menemukan 17 item kosmetika yang mengandung bahan berbahaya atau dilarang, dan merilis temuan tersebut dalam peringatan publik di Jakarta, Senin (13/5).

"Sebagai tindak lanjut terhadap seluruh temuan kosmetika mengandung bahan berbahaya/dilarang tersebut, dilakukan penarikan produk dari peredaran dan dimusnahkan," kata Kepala BPOM Lucky S Slamet.

Masyarakat juga diingatkan untuk tidak menggunakan kosmetik-kosmetik tersebut karena dapat membahayakan kesehatan. Lucky menyebut beberapa bahaya kesehatan yang ditimbulkan jika menggunakan produk-produk tersebut adalah terjadinya iritasi pada kulit, mengikis kulit maupun kerusakan pada ginjal.

Sedangkan kandungan bahan berbahaya yang terdapat pada kosmetik-kosmetik itu masih didominasi oleh merkuri/raksa, hidrokinon dan asam retinoat yang antara lain diyakini memiliki efek memutihkan.

"Tahun 2011 kami memusnahkan produk kosmetik senilai kurang lebih Rp1,5 miliar dan tahun 2012 senilai Rp2 miliar," ujar Lucky.

BPOM juga menemukan kebanyakan produk kosmetika berbahaya itu dijual melalui media "online' atau dalam jaringan (internet), klinik kecantikan dan salon dan harganya juga tidak murah.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo untuk penertiban penjualan kosmetik 'online', dan mereka telah setuju untuk melakukan 'screening'," ungkapnya.

Daftar ketujuh belas produk kosmetika berbahaya:

Kosmetika merek Tabita:
1. Tabita Daily Cream
2. Tabita Nightly Cream
3. Tabita Skin Care Smooth

Lotion Kosmetika Merek Green Alvina:
4. Herbal Clinic "Green Alvina" Walet Cream Mild Night Cream
5. Green Alvina Night Cream Acne

Kosmetika Merek Chrysant:
6. Chrysant 24 Skin Care Pemutih Ketiak
7. Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine
8. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1
9. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.2
10. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1

Kosmetika merek Hayfa:
11. Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore
12. Hayfa Acne Morning Pagi-Sore Kosmetika Merek dr. Nur Hidayat,SpKK
13. Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK
14. Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK
15. Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK

Kosmetika Merek Cantik:
16. Cantik Whitening Vit. E Night Cream
17. Cantik Whitening Vit. E Day Cream.


()

LIFE
MORE

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …