Masyarakat Dayak Kalbar Gelar Upacara Naik Dango

- 14 Mei 2013 12:40 wib
Ist
Ist

Metrotvnews.com, Pontianak: Masyarakat Dayak Kanayan di tiga kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar upacara Naik Dango ke-28. Ritual ucapan syukur panen padi itu berlangsung di Rumah Betang Desa Saham, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Selasa (14/5).

Gubernur Kalbar Cornelis membuka secara resmi upacara adat itu. Hadir pula seperti staf ahli Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hari Untoro Drajat. Beberapa tamu yang tampak di acara itu di antaranya Bupati Landak
Adrianus Asia Sidot, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat Oesman Sapta Oedang, dan Anggota DPR RI Karolin Margret Natasha.

Ketua Panitia Siin mengatakan acara tak hanya berupa upacara adat. Ada pula pesta wisata dan budaya yang meliputi pertunjukan seni, lomba permainan tradisional, lomba kesenian daerah, pameran, seminar kebudayaan, serta pasar rakyat.

Sebanyak 24 Dewan Adat Dayak di tiga kabupaten turut serta dalam acara tersebut. Ketiga kabupaten itu yaitu Pontianak, Landak, dan Kubu Raya. Upacara Naik Dango merupakan kegiatan ritual tahunan setiap tanggal 27 April.

"Namun tahun ini diundur 14 Mei.  Semua kecamatan di Kabupaten Landak wajib turut serta memeriahkannya upacara Naik Dango bersama kontingen dan masyarakat," ungkap Siin.(Ant)


()

LIFE
MORE

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …