WHO Laporkan Perawat Pertama Tertular Virus Mirip SARS

- 16 Mei 2013 15:33 wib
Coronavirus penyebab SARS--REUTERS/Health Protection Agency/rj
Coronavirus penyebab SARS--REUTERS/Health Protection Agency/rj

Metrotvnews.com: Dua petugas kesehatan di Arab Saudi tertular virus baru penyakit mematikan mirip Sindroma Pernafasan Sangat Parah (SARS), dari pasien yang mereka rawat. Kejadian ini menjadi bukti pertama penularan bisa terjadi di rumah sakit, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Virus baru yang dikenal dengan sebutan koronavirus baru atau nCoV berasal dari keluarga yang sama dengan virus flu biasa tetapi yang   mematikan yaitu virus Sindroma Pernafasan Sangat Parah (SARS) yang berjangkit di Asia pada 2003. "Ini pertama kalinya pekerja kesehatan didiagnosa tertular koronavirus baru, setelah bersentuhan dengan pasien," kata kepala Kesehatan PBB yang berkantor di Jenewa.

Petugas kesehatan itu seorang pria berusia 45 tahun mulai sakit pada 2 Mei dan sekarang berada dalam keadaan kritis, serta seorang perempuan berusia 43 tahun dengan kondisi kesehatan yang sama sejak ia jatuh sakit pada 8 Mei dan keadaannya stabil, kata WHO.

Prancis juga melaporkan penularan semacam itu di rumah sakit, tetapi terjadi dari satu pasien kepada pasien lain yang pernah bersama dalam satu
ruang perawatan selama dua hari. NCoV, seperti juga virus SARS dan yang sejenis, bisa menyebabkan batuk, demam dan radang paru. Para ilmuwan mewaspadai semua tanda-tanda mutasi nCoV yang menjadi mudah menular pada banyak pasien, serupa SARS bisa menjalar menjadi pandemi. (Ant)


()

LIFE
MORE

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …