Jatuh Cinta Ternyata Menyehatkan

- 20 Mei 2013 07:20 wib
Ilustrasi -- MI/Seno
Ilustrasi -- MI/Seno

Metrotvnews.com: Jatuh cinta berjuta rasanya. Pernyataan itu pasti pernah Anda dengar. Namun tahukah Anda bahwa jatuh cinta ternyata memiliki efek positif bagi kesehatan Anda? Berikut adalah beberapa pengaruh cinta terhadap kesehatan Anda seperti dilansir match.com:

1. Jatuh cinta membuat Anda langsing
Pernah memperhatikan bahwa Anda dengan mudah menolak tawaran es krim saat Anda jatuh cinta? Atau Anda mulai berhenti ngemil?

Selain hal itu terjadi karena Anda banyak menghabiskan waktu dengan kekasih ternyata saat jatuh cinta tubuh Anda juga mengeluarkan sebuah neurotransmiter yang bernama norepinephrine.

Neurotransmiter itu menghasilkan adrenalin yang menurunkan nafsu makan Anda.

"Hal itu menjelaskan mengapa sebagian besar orang mengalami penurunan berat badan saat mereka mulai pacaran," ujar Helen Fisher penulis buku Why We Love: The Nature and Chemistry of Romantic Love

Selain itu, jatuh cinta juga memicu Anda untuk lebih banyak berolahraga agar Anda bisa merasa tampil fit dan apik untuk kekasih Anda.


2. Jatuh cinta memperbaiki daya ingat Anda
Jika Anda yang selama ini sulit mengingat nama kenalan Anda namun dengan mudah mengingat nama sahabat kekasih Anda saat dia masih duduk di sekolah dasar, Anda tidak usah heran.

Ilmuwan di Universitas Pavia, Italia menbemukan bahwa jatuh cinta menigkatkan tingkat hormon yang meningkatkan daya ingat dengan membentuk sel otak baru.

"Area otak yang menyimpan memori menjadi aktif saat Anda jatuh cinta. Dari sudut pandang evolusi, kita harus mengingat kebaikan pasangan kita untuk tetap jatuh cinta," kata Fisher.

3. Jatuh cinta memperbaiki mood Anda
Suasana kantor terasa lebih menyenangkan, Anda lebih banyak tersenyum, dan kemacetan Jakarta menjadi tidak separah biasanya.

Mereka yang jatuh cinta mengeluarkan zat kimia otak bernama dopamin, stimulan yang membuat Anda merasa bahagia, optimistis, dan sabar.

"Saat Anda berpacaran dengan orang yang Anda cintai, Anda akan selalu merasa bahagia," ujar Redford Williams, Direktur Behavioral Medicine Research Center, Universitas Duke.

Selain itu, jatuh cinta juga membuat tubuh Anda mengeluarkan oxytocin yang membuat Anda selalu merasa bahagia.

4. Jatuh cinta membuat Anda terlihat lebih muda
Orang yang jatuh cinta terlihat lebih muda dari mereka yang tidak. Mengapa?

Hal itu karena oxytocin yang berada dalam tubuh mereka melepaskan DHEA, hormon antipenuaan yang memicu peremajaan sel dalam tubuh Anda.

5. Jatuh cinta membuat Anda panjang umur
Kabar baik bagi pasangan yang saling mencintai. Mereka akan lebih sehat dan berumur lebih panjang ketimbang rekan mereka yang jomblo.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Negeri Utah menemukan bahwa umur seseorang akan menjadi lebih panjang jika dia mendapatkan suntikan semangat dan rasa percaya diri dari tanggapan positif pasangan mereka.

"Selain itu, orang akan mengadopsi kebiasaan yang lebih aman saat memiliki pasangan. Misalnya, Anda akan berhenti merokok dan mengonsumi alkohol jika Anda menyadari ada orang yang hidupnya tergantung dengan Anda," ujar Williams.


()

LIFE
MORE

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …