Badan POM Tutup 128 Situs Penjual Suplemen dan Kosmetik Berbahaya

- 05 Juni 2013 13:52 wib
ANTARA/Nyoman Budhiana
ANTARA/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi telah menutup 128 situs penjual suplemen dan kosmetik berbahaya.

Demikian dikemukakan Kepala Badan POM Lucky S Slamet, disela-sela kegiatan pencanangan gerakan nasional waspada obat dan makanan ilegal di Banjarmasin, Rabu (5/6).

"Sejak tiga tahun terakhir lebih seratus situs yang kita tutup bersama Kominfo,"  tegasnya.

Pada 2011 BPOM dan Kominfo menutup sebanyak 31 situs, pada 2012 sebanyak 66 situs dan 2013 ini ada 31 situs yang ditutup. Sehingga total situs yang ditutup oleh pemerintah mencapai 128 situs.

Dikatakan, sebenarnya masih banyak situs penjual suplemen (life style) dan kosmetik yang mengangkut bahan berbahaya bagi kesehatan tidak dapat ditutup karena servernya berada di luar negeri.

"Karena itu kita menghimbau agar masyarakat berhati-hati mengkonsumsi obat dan makanan yang mengandung bahan berbahaya ini. BPOM juga telah mengaktifkan Satgas pemberantasan obat dan makanan ilegal di lapangan," tambahnya.

Peredaran obat dan makanan secara ilegal, memang sulit dihindari akibat pengaruh sistem perdagangan bebas saat ini. Termasuk Kalimantan Selatan yang menjadi pintu masuk peredaran obat-obatan dan makanan ilegal di Kalimantan.

Kepala BPOM Kalsel, Dewi Prawitasari, mengungkapkan berdasarkan hasil pengawasan di lapangan, ditemukan banyak beredar produk dan makanan ilegal, terutama jenis jamu, suplemen dan kosmetik.

Sepanjang 2013 ini, BPOM Kalsel telah berhasil menyita sebanyak 1.100 item atau 33.000 pieces, obat-obatan dan makanan ilegal di wilayah tersebut.

Rabu (5/6), obat dan makanan ilegal hasil sitaan BPOM, senilai Rp253 juta ini dimusnahkan.

Pencanangan gerakan nasional waspada obat dan makanan ilegal ini, juga ditandai dengan Mou antara BPOM, Majelis Ulama Indonesia dan Kanwil Kementerian Agama Kalsel dalam sertifikasi dan label halal produk industri rumah tangga di Kalsel. (Denny S)


()

CELEBRITAS
MORE
FASHION
MORE
LIFE
MORE

Mata Najwa: Habibie Pulang Kampung (3)

11 September 2014 21:49 wib

Mata Najwa, Kamis (11/9/2014): Mata Najwa kali ini dengan tema 'Habibie Pulang Kampung'. Hadir sebagai narasumber Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie.