Pertimbangkan Lagi Keputusan Menggadaikan Barang Berharga

- 11 Juni 2013 16:54 wib
ANTARA/Andika Wahyu/ip
ANTARA/Andika Wahyu/ip

Metrotvnews.com: Menggadaikan barang berharga bisa menjadi alternatif mendapatkan dana instan. Namun hati-hati, jangan sampai Anda menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif yang tak terlalu penting.

"Pentingkah uang yang akan Anda pinjam dari penggadaian barang berharga itu," tanya perencana keuangan Mohammad Teguh dalam segmen Your Money di program acara 811 Show Metro TV di Jakarta, Selasa (11/6).

Menurut Teguh, penggadaian adalah transaksi pinjam meminjam dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan atau jaminan. Bila menggadaikan sebuah barang, Teguh mengingatkan akan biaya titip atau bunganya. Jadi sebelum menggadaikan barang berharga, pertimbangkan pula kemampuan membayar uang gadai plus bunganya.

Sebenarnya, kata Teguh, gadai sama saja dengan transaksi utang piutang. Namun, gadai bukan transaksi utama.

Lantaran itu, Teguh mengingatkan setiap orang mempertimbangkan seberapa penting menggadaikan suatu barang berharga. Bila tak terlalu mendesak dan hanya untuk kebutuhan konsumtif, Teguh tak menyarankan menggadaikan barang berharga Anda.(Lesi Setiawati)


()

TREND
MORE

Mata Najwa: Babak Baru Indonesia (6)

23 Juli 2014 23:23 wib

Mata Najwa, Rabu (23/07/2014): di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Babak Baru Indonesia', hadir di Mata Najwa yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pakar hukum tata negara, Zaenal Arifin Mochtar. Direktur eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla