Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta Ditayangkan di Bioskop

- 19 September 2013 23:26 wib
ANTARA/Regina Safri/zn
ANTARA/Regina Safri/zn

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pernikahan Agung (Dhaup Ageng) Kraton Yogyakarta dibuat dalam bentuk film dokumenter dan akan ditayangkan di bioskop di DIY pada 17 - 24 Oktober mendatang.

Dalam sehari, rencananya akan diputar sebanyak 5 kali.

Putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara, menjelaskan, film tersebut sekaligus menyambut pernikahan kakaknya saya. Film dokumenter tersebut, jelasnya, menceritakan mengenai perrnikahan agung di keraton yang mengusung adat tradisi jawa.

"Film tersebut menggunakan referensi pernikahan kami (GKR Bendara dan KPH Yudanegara) 2 tahun lalu," ungkapnya, Kamis (19/9).

Ia menjelaskan, awalnya materi dalam film tersebut merupakan dokumentasi pribadinya.  GKR Bendara pun memiliki ide untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat melalui sebuah film dokumenter dan mendiskusikannya dengan suaminya, KPH Yudanegara dan ayahnya Sultan HB X.

Ide pembuatan film tersebut ternyata disambut baik.

"Alangkah bagusnya kalau semua orang tahu filosifi dan maknanya," jelasnya ketika dihubungi melalui telepon. (Ardi Teristi Hardi)


()

Rerun Demokrasi Galau (Promo)

19 September 2014 23:31 wib

Keberhasilan Indonesia menggelar Pilkada secara langsung telah melahirkan sejumlah pemimpin yang berhasil membuat gebrakan. Rakyat pun merasa tak rugi telah memberikan suara dan memilih sosok yang dapat membuat perubahan berarti. Namun langkah Demokrasi yang terus diperbaiki, kini tersendat oleh pembahasan RUU Pilkada yang mengusulkan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Anggota fraksi dari koalisi merah putih di DPR yang sebelumnya tak mendukung RUU tersebut, pascapilpres kini berubah haluan. Dengan sejumlah alasan mereka mendukung Pilkada melalui DPRD. …